Berbagi File Windows dengan Android

Windows dengan Android merupakan dua system operasi yang berbeda, karena Android berbasis Linux.
Tapi walu begitu, bukan berarti keduanya tidak bisa berkenalan, dan saling berkomunikasi lho...
Walau kita punya gadget berbasis Android, tapi kalau tidak bisa berkenalan dengan computer yang berbasis windows, kayaknya gak seru deh sobat netter.
Kalau sekedar ngobrol dengan satu computer aja itu sih udah biasa. Mungkin anda sudah mencoba mempertemukan mereka dengan menginstall aplikasi bawaan gadget atau dengan mencolokkan kabel USB ke computer anda.
          Cara yang anda pakai itu sudah cukup kalau untuk sekedar mentransfer file dari computer ke gadget anda, atau sebaliknya.
Tapi bagai mana kalu gadget anda bisa berbagi pakai dengan lebih dari satu computer ?
Misalkan anda memiliki koneksi WiFi dan ada beberapa computer yang terhubung melalui jaringan WiFi tersebut.
          Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi trik seputar android. Atau dengan tepatnya cara agar gadget anda bisa di akses oleh beberapa computer sekaligus. Atau dengan kata lain cara berbagi file Android dengan beberapa komputer. Rata rata pengguna memakai FTP ata File Transfer Protocol untuk melakukan pertukaran antar computer yang berbeda system operasi.
Banyak aplikasi FTP yang bisa di download gratis untuk gadget android. Salah satunya yaitu SwiFTP. Adalah server FTP yang bekerja pada port 2121.
Karena gadget android akan berfungsi sebagai FTP server dan computer akan menjadi client. Browser modern seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer dapat berfungsi sebagai FTP client.
Aplikasi ini cukup sederhana. Anda tinggal download file apk terbaru dari http://code.google.com/p/swiftp/download/list
Lakukan installasi aplikasi tersebut dan akan muncul shortcut untuk mengakses aplikasi tersebut pada android anda.
1.   Jalankan SwiFTP yng sudah terinstall, maka akan muncul layar setting. Tentukan username, password, port number, dan folder yang akan diakses. Dalam hal ini biarkan port number sesuai dengan defaultnya yaitu 2121. Sedangkan folder yanga akan diakses adalah sdcard , dan jangan lupa untuk ceklis pada accept connection from WiFi. Klik save untuk menyimpan setting.
2.   SwiFTP anda sudah siap digunakan. Pada saat ini FTP masih dalam keadaan STOP. Anda tinggal klik tombol start untuk mengaktifkan SwiFTP
3.   SwiFTP sudah berjalan perhatikan pada status pastikan running. Perhatikan juga alamat IP yang di dapat pada WiFi URL. Itu adalah alamat yang digunakan untuk mengakses Android anda dari komputer lain. Contoh       ftp://192.161.0.1:2121/
4.   Pastikan  komputer anda sudah terkoneksi pada jaringan. Lallu buka browser komputer anda. Mozilla atau IE
Ketik url pada adrees bar alamat IP android anda yaitu ftp://192.161.0.1:2121/ maka akan muncul login screen. Isikan dengan username dan password yang telah ditentukan pada saat setting SwiFTP
5.   Selanjutnya android anda sudah bisa di akses dari komputer, berapaun komputer yang terhubung ke dalam jaringan WiFi. Selanjutnya anda bisa mendownload file-file yang ada pada gadget android. Kalau anda mau upload file dari komputer ke gadget, sebaiknya gunakan FTP Client supaya mudah.
Mudah sekali bukan sobat netter, dengan cara ini gadget Android anda bisa berkenalan dengan beberapa komputer sekaligus, walaupun berbeda system operasi.
Sekian dulu, dan semoga bermanfaat.
Keep smile........

Related Product :

Post a Comment

silahkan komentar di blog dofollow ini
asal jangan saling menghina, saling menghujat, apalagi saling membunuh.
Disini bukan ajang untuk mencari siapa yang paling pintar, tapi ajang untuk membuat sama - sama pintar

?max-results=10">Featured Today');
?max-results="+numposts1+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts1\"><\/script>");
?max-results="+numposts1+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts3\"><\/script>");
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOG KOMUNITAS GAPTEK™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger